Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Fastboot Berlangsung dan Cara Keluar Fastboot

Berapa Lama Fastboot Berlangsung dan Cara Keluar Fastboot - Fastboot merupakan proses tak lazim yang harusnya tak dialami oleh smartphone. Saat HP memasuki fastboot otomatis pengguna tak memiliki pilihan selain menunggu proses itu selesai. Padahal berapa lama fastboot berlangsung tidak ada yang mengetahui pasti.

berapa lama fastboot berlangsung dan cara mengatasinya
Cara Keluar Fastboot

Hal itu secara otomatis menimbulkan rasa khawatir khususnya bagi mereka yang masih awam. Banyak yang takut mereka akan stuck pada saat menunggu fastboot berlangsung (Bootloop). Hingga akhirnya mereka pun bertanya berapa lama fastboot berlangsung ataupun cara keluar dari fastboot.

Dalam artikel kali ini saya akan coba jawab kebingungan kalian yang masih menunggu fastboot dan tidak kunjung selesai.

Berapa Lama Fastboot Berlangsung

HP muncul fastboot secara tiba tiba? tidak perlu panik karena sebenarnya kita hanya perlu menunggunya. Berapa lama fastboot berlangsung dipengaruhi oleh merk dan tipe ponsel yang sedang kalian pakai, jadi durasi setiap device sudah pasti berbeda.

Fastboot HP xiaomi biasanya berlangsung selama 15 menit sampai bahkan 2 jam untuk beberapa kasus. Lain halnya dengan mereka yang memakai HP samsung biasanya menunggu fastboot dengan rentan waktu lebih cepat.

Tapi pada dasarnya berapa lama fastboot berlangsung ditentukan dari jumlah daya yang tersisa di ponsel kalian.

Bagi saya, menunggu hp selesai fastboot sangatlah lama dan beresiko. Oleh karenanya saya sering skip proses tersebut dan langsung keluar fastboot. Sebelum saya ajarkan bagaimana langkah langkahnya alangkah lebih baik kalau kalian simak terlebih dulu apa itu fastboot dan penyebabnya.

Apa Itu Fastboot

Fastboot adalah protokol yang ada pada sistem operasi android yang memungkinkan kita melakukan booting cepat untuk berbagai keperluan. Mode ini biasanya sering dimanfaatkan oleh para teknisi untuk memperbaiki HP yang rusak seperti bootloop. Pengguna juga dapat melakukan flash firmware, install ROM custom, unlock bootloader, hingga memberi akses pada mode pemulihan.

HP Tidak Bisa Keluar Fastboot

Ada kalanya tanpa sengaja ponsel akan masuk ke mode fastboot yang notabenya mengharuskan kita menunggu proses selesai. Fastboot bisa terjadi pada berbagai tipe hp tanpa pandang merk seperti samsung, xiaomi, vivo, oppo, dan realme. Durasinya pun bervariasi ada yang menunggu 20 menit, tapi ada pula yang harus menunggu berjam jam hanya untuk keluar dari proses tersebut.

Tapi memang ada beberapa kasus dimana hp tidak bisa keluar fastboot walaupun sudah mengupayakan berbagai cara. Penyebabnya terjadi karena memang ada kerusakan dari segi hardware ataupun karena faktor kegagalan pada saat proses update OS.

Apabila kalian sudah menunggu lama bahkan sampai ponsel kehabisan daya baterai tapi masih masuk ke fastboot. Firmware yang mengalami kerusakan akibat update OS gagal bisa jadi penyebab kenapa hp fastboot secara terus menerus. Teknisi ponsel biasa menyebut fenomena itu sebagai bootloop. Apabila sudah demikian kalian tak perlu repot bertanya berapa lama fastboot berlangsung karena prosesnya tidak akan pernah berakhir.

Cara mengatasi HP fastboot karena firmware yang rusak menurut saya hanya ada satu yakni melakukan flash HP. Konsepnya sama seperti kita mengisntall ulang ponsel dengan OS yang baru sehingga kinerja perangkat akan kembali seperti semula.

Cara Keluar Fastboot

HP fastboot sendiri biasanya dialami oleh mereka yang memakai hp merk xiaomi, vivo, maupun oppo. Tapi tak jarang pula fastboot terjadi pada ponsel merk ternama seperti samsung hingga Iphone. Alih-alih menunggu berapa lama fastboot berlangsung saya akan ajarkan cara untuk keluar dari proses tersebut.

Cara keluar fastboot cukup mudah yakni tinggal pencet lalu tahan power button selama kurang lebih 15 detik. Setelahnya kalian akan langsung keluar mode fastboot dan diarahkan menuju booting normal. Alternatif lain daripada harus menunggu fastboot berlangsung kalian bisa cabut baterai dari ponsel. Tentunya trik ini hanya berlaku untuk ponsel yang berstatus removable battery.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan dala artikel kali ini. Apabila masih memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk mengajukan lewat kolom komentar yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Fastboot Berlangsung dan Cara Keluar Fastboot"