Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi Secara Permanen

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi 100% Ampuh - Munculnya banyangan di layar HP xiaomi menandakan bahwa perangkat kita mengalami kerusakan. Akibatnya pun akan mengganggu kenyamanan dan fungsi pada saat ponsel dipakai.

cara menghilangkan Shadow HP xiaomi secara permanen

Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai penyebab kenapa muncul bayangan di layar HP xiaomi. Setelahnya saya akan menjabarkan berbagai metode yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagai sentuhan akhir kalian saya telah merangkum beberapa kiat agar ponsel terhindar dari shadow.

Penyebab Munculnya Banyangan di Layar HP Xiaomi

Secara garis besar, shadow di hp xiaomi muncul karena pixel yang terbakar pada saat pemakaian. Tapi masalah itu muncul tentu bukan karena sendirinuya. Adapun beberapa penyebab munculnya bayangan di layar HP xiaomi adalah:

Layar Mengalami Kerusakan

Penyebab layar shadow xiaomi pertama yang menurut saya sering diabaikan justru datang dari faktor ponsel itu sendiri. Hardware yang mengalami kerusakan khususnya pada bagian layar ataupun motherboard bisa jadi pemicu munculnya banyangan di layar HP. Inilah alasan saya pribadi selalu memakai hardcase untuk melindungi hp dari berbagai benturan langsung.

Hp Sering Overheat

Overheat adalah keadaan dimana ponsel mengalami panas pemakaian yang tidak wajar dan melebihi batas toleransinya. Hal itu terjadi karena faktor pemakaian terus menerus yang akhirnya membuat mesin menjadi kepanasan. Misalnya melakukan editing maupun aktivitas gaming dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Apakah Tompel di Layar HP Bisa Menyebar dan Cara Mengatasinya

Karena konsumsi daya yang terlalu banyak, hardware yang cepat panas, ditambah sirkulasi ponsel yang kurang baik akhirnya memunculkan shadow di layar. Tidak ada cara menghilangkan shadow di hp xiaomi apabila layar sudah terbakar. Olek karenanya kalian harus benar-benar memperhatikan intensitas pemakaian dan suhu pada saat beraktivitas menggunakan ponsel.

Overheat juga bisa disebabkan karena pemakaian charger dengan voltase daya berbeda dari yang sudah ditentukan. Maka dari itu, pengguna dianjurkan untuk tetap memakai charger original yang notabenya memiliki fitur pengisian cepat dan kontrol suhu.

Tingkat Kecerahan Terlalu Tinggi

Taukah kalian ternyata tingkat kecerahan layar yang tinggi juga menjadi penyebab bayangan di layar HP xiaomi. Hal ini pernah dialami oleh sejumlah rekan saya kala itu gemar sekali bermain game statis dengan posisi layar sangat cerah.

Padahal, semakin tinggi tingkat kecerahan layar maka akan semakin panas pula perangkat akibat pemakaian daya. Gambar statis yang ditampilkan secara terus menerus akan membekas dan menimbulkan efek shadow karena pixel yang terbakar.

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi

Dalam sesi kedua ini akan saya jelaskan apa saja cara mengatasi bayangan di layar HP xiami yang work.

Matikan HP Sejenak

Mematikan dan menunggu ponsel sampai dingin setelah dipakai beraktivitas berjam jam bisa jadi solusi jitu saat muncul shadow. Sayangnya, cara menghilangkan bayangan di layar HP xiaomi satu ini hanya bekerja pada tipe ponsel IPS. Untungnya mayoritas hp xiaomi masih mengadopsi tipe layar IPS sehingga metode satu ini layak kalian coba. Apabila perangkat kalian sudah memakai amoled boleh jadi shadow yang muncul akan bersifat permanen. Oleh karenanya silahkan ikuti langkah langkah pada metode selanjutnya.

Install Aplikasi Screen Colors

Burn in tools adalah aplikasi yang khusus diciptakan untuk mengatasi permasalah layar HP. Banyak yang mengatakan bahwa cara menghilangkan shadow di HP xiaomi dengan burn in tools sangat efektif.

Aplikasi screen color bekerja secara dinamis dengan merubah tingkat kecerahan serta warna layar otomatis. Sehingga bayangan di layar HP akan tersamarkan dan mengurangi efek tidak nyaman pada saat pemakaian.

Adapun cara menggunakan aplikasi screen colors adalah:

  1. Install Screen Colors terlebih dulu di hp masing-masing, lalu jalankan aplikasi.
  2. Selanjutnya, tap Test Screen untuk mendiagnosa bayangan yang ada di layar HP.
  3. Untuk finalisasi pilih opsi Black and White untuk mulai memperbaiki.
  4. Maka akan muncul kotak dialog dan kalian akan diminta mengisi lama waktu perbaikan. Saya sendiri mengisinya antara 1 sampai 2 menit saja.
  5. Kemudian pilih Repair untuk mulai menghilangkan shadow pada bagian yang ditelah ditemukan.
  6. Setelahnya tap Begin untuk memulai proses.
  7. Silahkan tunggu sampai proses selesai.

Apabila masih ada bayangan di layar hp yang tersisa maka kalian dapat mengulang proses di atas hingga bersih total. Aplikasi Burn In Tools sendiri sangatlah aman karena tersedia di google playstore dan mempunyai rating cukup memuaskan

Tapi perlu digaris bawahi pula bahwa screen colors tidak menghilangkan bayangan di layar hp secara permanen. Aplikasi ini bekerja dengan menyamarkan bayangan sehingga pengguna tak merasa terganggu.

Install Pixel Fixer

Pixel fixer mengusung konsep yang hampir sama seperti screen colors yang notabenya mampu mendeteksi pixel yang rusak lalu menyamarkannya. Namun aplikasi ini hanya support untuk HP dengan LCD tipe IPS.

Kesan pertama saat membuka pixel fixer mungkin sangatlah sederhana. Tapi setelah kita memulai proses maka akan muncul banyak warna yang bergerak secara terus menerus dengan pola tidak beraturan. Dengan menunggu 15 sampai 20 menit pixel fixer menghilangkan bayangan di hp xiaomi secara permanen.

Cara menggunakan pixel fixer adalah:

  1. Install pixel fixer di hp masing-masing.
  2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi pixel fixer.
  3. Untuk mulai proses perbaikan langsung saja tap icon centang hijau di pojok kanan bawah.
  4. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Apabila shadow di layar HP masih ada silahkan ulangi kembali langkah di atas.

Ganti Layar HP

Cara menghilangkan shadow di hp xiaomi terakhir apabila semua metode yang saya ajarkan di atas tidak work adalah dengan mengganti layarnya. Pada dasarnya kerusakan software memang bisa kita atasi menggunakan serangkaian trik khusus untuk sementara. Tapi untuk kenyamanan pemakaian jangka panjang kalian saya anjurkan untuk ganti layar HP.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Realme

Daripada bayangan di layar HP xiaomi semakin menyebar saya pribadi lebih menyarankan untuk langsung ganti saja. Apabila memiliki dana lebih maka silahkan menuju ke gerai resmi xiaomi agar ponsel kalian ditangani oleh ahlinya secara resmi. Tapi kalau ingin menghemat biaya silahkan perbaiki hp di konter kepercayaan masing-masing.

Cara Agar HP Terhindar dari Shadow

Alih alih mencari cara menghilangkan shadow di HP xiaomi lebih baik melakukan pencegahan. Sehingga kita tak perlu merogoh kocek untuk mengganti layar atau mengakalinya dengan konsekuensi mengganggu kenyamanan pemakaian. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menjaga ponsel agar tetap awet.

Utamakan Wallpaper Bertema Gelap

Pemilihan tema gelap terang memberi pengaruh besar terhadap panel layar pada beberapa tipe HP xiaomi. Semakin terang wallpaper maka semakin kuat pula daya yang harus dikeluarkan sehingga membuat perangkat cepat panas. Maka dari itu banyak pakar yang merekomendasikan penggunaan tema serta wallpaper cenderung gelap.

Adapun cara mengaktifkan tema gelap di HP xiaomi adalah:

  1. Aktifkan ponsel.
  2. Usap layar ke bawah untuk membuka drop down menu.
  3. Tap pilihan Mode Gelap.
  4. Selesai.

Apabila masih bingung bagaimana cara setting hp agar bertema gelap maka simaklah video berikut:


Menurunkan Tingkat Kecerahan

Cara mencegah muncul bayangan di layar HP xiaomi selanjutnya adalah menurunkan kecerahan layar. Pada dasarnya, tingkat kecerahan dapat kita sesuaikan sendiri baik itu berada di ambang minimum ataupun maksimal.

Tapi memakai tingkat kecerahan tinggi dalam rentan waktu lama akan menimbulkan berbagai masalah. Misalnya ponsel cepat panas, mengganggu kesehatan mata, merusak beterai, hingga akhirnya muncul shadow di HP xiaomi itu sendiri.

Apabila belum terlalu paham bagaimana cara mengatur kecerahan layar simaklah video berikut:

Alternatif lain apabila kalian bosan harus mengubah kecerahan secara manual maka aktifkan saja mode otomatis. Maka HP akan beradaptasi dengan cahaya disekitarnya secara otomatis sehingga kita tak perlu menurunkan atau menaikan kecerahan layar manual.

Jaga Suhu Ponsel

Setiap tahunnya xiaomi terus berinovasi dan memperbaiki kualitas produk mereka. Hal itu terbukti dengan munculnya berbagai tipe hp baru dengan segudang fitur serta kelebihannya. Tapi hal itu tak berlaku bagi mereka yang masih berjibaku dengan ponsel keluaran tahun sebelumnya.

Misalnya xiaomi redmi 9, 4a, 6a, redmi note, dan lain-lain. Beberapa tipe ponsel generasi lama sangat rentan muncul bayangan di layar secara permanen.

Salah satu cara mengatasi shadow di hp xiaomi yang menurut saya tak boleh kita lupakan adalah menjaga suhu ponsel tetap konsisten. Tapi ada kalanya pengguna memforsir kinerja hp mereka hingga akhirnya mengalami overheat. Apabila terus dibiarkan maka akan muncul bayangan di layar HP xiaomi milik kalian.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi Secara Permanen"