Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Pangkat di HP Semua Tipe Android dan IPhone

Cara Menulis Pangkat di HP Semua Tipe Android dan IPhone - Simbol kuadrat ataupun pangkat 3 sering dipakai pada momen tertentu. Misalnya untuk keperluan pekerjaan bangunan, mengerjakan tugas matematika, atau sekedar bahasa gaul semata. Masalahnya manifestasi dari huruf dan akar pangkat sangatlah sulit dilakukan apabila lewat HP. Hal ini tentu pernah saya alami saat ingin mengirimkan pesan lewat whatsapp.

cara menulis kuadrat di HP semua merk dan tipe

Hingga akhirnya saya pun mencari cara menulis pangkat di HP dan menemukan ternyata masing-masing platform memiliki metode berbeda. Ada beberapa jenis ponsel yang memang sudah support penulisan huruf pangkat, tapi ada pula yang belum sehingga wajib install keyboard tambahan.

Dalam artikel kali ini saya akan kupas tuntas bagaimana cara membuat huruf pangkat di HP secara singkat. Pokok pembahasan akan terbagi menjadi 3 bagian yang terdiri dari penulisan pangkat di IPhone, Android, dan khusus Whatsapp.

Cara Menulis Pangkat di HP Semua Tipe Android dan IPhone

Walaupun terdengar mudah tapi ternyata tidak semua pengguna Iphone mengetahui cara menulis pangkat di HP miliknya. Secara garis besar fungsi serta fitur keyboard IPhone sangatlah terbatas apabila kita bandingkan dengan ponsel android. Untuk menulis simbol khusus memerlukan trik tertentu tak seperti pesaingnya.

Beberapa orang akhirnya memutuskan untuk menginstall aplikasi keyboard tambahan seperti Swiftkey dan lain-lain. Tapi usaha itu sepertinya sia-sia karena beberapa aplikasi kini tetalh dinonaktifkan oleh pihak developer. Dalam sesi pertama saya akan fokuskan pembahas pada cara menulis pangkat di HP IPhone terlebih dahulu.

Gunakan Penggantian Teks

Cara membuat huruf pangkat ataupun akar kuadrat paling mudah bagi pengguna ponsel IOS adalah dengan memanfaatkan penggantian teks.

Konsep dari metode ini adalah membuat simbol atau huruf yang ingin dipakai sebagai tulisan pangkat menjadi shortcut. Sayangnya kalian perlu membuat shortcut satu persatu untuk masing-masing simbol sehingga metode penggantian teks cukup menyita waktu di awal.

fitur penggantian teks untuk membuat huruf pangkat di HP

Adapun cara menulis pangkat di HP IPhone dengan penggantian teks adalah:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Masuk ke menu Umum.
  3. Selanjutnya pilih Papan Ketik.
  4. Lalu pilih Penggantian Teks.
  5. Cari lalu copy akar pangkat ataupun simbol yang kalian mau dari Google.
  6. Silahkan paste untuk memasukan simbol pada bagian Frasa.
  7. Ulangi sampai semua simbol dan huruf pangkat dirasa cukup.
  8. Tentukan kombinasi tombol sebagai shortcut.
  9. Langkah terkahir silahkan simpan pengaturan.

Penggantian teks memang terkesan memakan waktu relatif lama karena kita harus memasukan huruf pangkat satu persatu. Tapi kelebihannya yakni tak perlu install aplikasi keyboard tambahan. Pengguna juga dapat memakai shortcut huruf pangkat kapanpun selama sudah diinput.

Install UniChar

Tidak mau pusing dengan fitur penggantian teks? saya memiliki rekomendasi keyboard tambahan yang sangat cocok untuk IPhone. IniChar adalah aplikasi keyboard yang memiliki notasi angka, huruf, dan simbol yang cukup lengkap.

Setelah menginstallnya ita dapat menemukan huruf ataupun angka pada keyboard tersebut. UniChar juga dibekali oleh auto matching untuk memudahkan pengguna dalam proses pencarian. Misalnya ingin membuat tulisan pangkat dua maka tinggal ketik saja angka 2, maka semua pilihan akan muncul.

UniChar juga telah terintegrasi dengan semua aplikasi apapun baik whatsapp, Instagram, messenger, line, dan berbagai aplikasi perpesanan lain.

Cara Menulis Pangkat di HP Android

Cara membuat huruf pangkat di HP android sedikit berbeda dari mereka yang memakai perangkat IPhone. Secara garis besar sistem operasi android memberi keleluasaan lebih banyak daripada kompetitor sengitnya. Sehingga untuk menulis pangkat di hp android menurut saya relatif lebih mudah.

Membuat Huruf Pangkat Dengan GBoard

Gboard merupakan aplikasi keyboard besutan google yang support semua perangkat lintas platform. Desain serta fungsinya yang elegan ditujukan untuk semua kalangan mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga ibu rumah tangga.

Berbagai fitur pun tersemat pada GBoard yang memungkinkan kita mencari GIF, mengetik emoji, hingga pengetikan cepat. Simbol serta karakter khusus juga tersedia sehingga membuat kita lebih leluasa dalam mengetik.

Cara menulis pangkat di HP dengan Gboard

Sayangnya cara menulis pangkat di HP khususnya pada saat mengetik di whatsapp dengan GBoard sangat jarang dimanfaatkan. Sebab papan ketik ponsel biasanya masih memakai settingan defualt sehingga harus kita ganti terlebih dulu.

Apabila pengaturan papan ketik di hp masih default dan ingin beralih ke GBoard maka simaklah langkah langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan/Setelan.
  2. Masuk ke Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Languages & Input (Bahasa & Masukan).
  4. Pada opsi Current Keyboard silahkan pilih GBoard.
  5. Selesai.

Apabila tidak ada opsi Gboard pada pilihan yang tersedia berarti kalian harus mengunduhnya terlebih dulu. Beruntung, aplikasi tersebut bisa diperoleh secara gratis dari google playstore untuk platform Android dan iOS.

Install WPS Office

Cara menulis pangkat di HP android selanjutnya yang akan saya ajarkan yakni memakai aplikasi tambahan. WPS Office adalah aplikasi yang populer dipakai untuk menulis, membuat presentasi, sreadsheet, dan lain-lain. Fungsi yang hampir sama seperti MS Office di laptop membuatnya jadi aplikasi yang wajib terinstall di ponsel.

Cara membuat huruf pangkat di HP dengan WPS Office adalah:

  1. Buka WPS Office.
  2. Buat dokumen baru lalu silahkan ketik huruf atau angka yang ingin kalian jadikan pangkat.
  3. Blok karakter tersebut lalu masuk ke tombol tools di bagian pojok kiri bawah.
  4. Maka akan muncul tools dengan fungsi berbeda. Silahkan pilih tool perpangkatan untuk membat huruf pangkat.
  5. Selanjutnya kalian tinggal memainkan trik copy paste saja pada tulisan pangkat tersebut.

Cara Membuat Huruf Pangkat di WA

Whatsapp termasuk salah satu platform perpesanan yang cukup populer bersamaan dengan messenger dan telegram. Berkat beragam fitur canggih membuat pengguna terbantu dalam aspek komunikasi.

Sayangnya WA tidak dibekali oleh fitur yang mampu membuat huruf pangkat. Cara menulis pangkat di HP pada saat mengetik di WA pun akhirnya jadi salah satu pertanyaan yang sering diajukan. Maka dari itu, dalam sesi terakhir ini saya akan ajarkan cara menulis pangkat di HP dari whatsapp:

  1. Buka aplikasi whatsapp.
  2. Masuk ke kolom chat dengan kontak yang ingin kalian kirimi pesan.
  3. Tap tombol ?123 pada keyboard untuk memunculkan simbol dan angka.
  4. Pada kolom pencarian silahkan ketik angka atau huruf yang ingin kalian jadikan pangkat.
  5. Maka akan muncul beberapa pilihan yang relevan dengan karakter angka/huruf tersebut.
  6. Tap angka atau huruf pangkat yang diinginkan.
  7. Selesai.

Sebenarnya cara membuat huruf pangkat yang saya ajarkan di atas menyerupai metode sebelumnya yang notabenya memakai GBoard. Secara garis besar setelah proses instalasi GBoard akan terintegrasi dengan seluruh aplikasi ponsel termasuk whatsapp.



Posting Komentar untuk "Cara Menulis Pangkat di HP Semua Tipe Android dan IPhone"